Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

Finis Ke-5 di MotoGP Prancis 2024, Maverick Vinales: Saya Sudah Diberitahu Mustahil Menang di Le Mans

Finis Ke-5 di MotoGP Prancis 2024, Maverick Vinales: Saya Sudah Diberitahu Mustahil Menang di Le Mans

Sebelum tampil di MotoGP Prancis 2024, pembalap Tim Aprilia Racing, Maverick Vinales ternyata sudah diperingati oleh krunya untuk tak berharap lebih bisa menang di Sirkut Le Mans. Karena itulah, ia tidak terlalu kecewa mengakhiri balapan seri Prancis itu dengan berada di posisi kelima.

Vinales kini selalu menatap setiap seri yang ada dengan sangat percaya diri setelah tampil kuat di awal musim ini. Namun, Sirkuit Le Mans adalah trek stop-and-go di mana para pembalap Ducati, dengan mesin yang sangat bertenaga dan punya traksi superior dari motor Desmosedici mereka bisa tampil sangat kuat.

Benar saja, empat posisi teratas diamankan oleh merek asal Italia itu dalam balapan utama MotoGP Prancis 2024. Vinales pun telah diperingkatkan oleh para mekaniknya untuk tidak berekspektasi tinggi di Le Mans karena treknya belum tentu cocok untuk motor RS-GP24-nya.

“Saya pikir kami akan tampil bagus, tapi orang-orang menjelaskan kepada saya bahwa akhir pekan di Prancis belum tentu ideal untuk motor kami. Mereka benar,” kata Vinales dilansir dari Speedweek, Rabu (15/5/2024).

Dalam balapan yang berlangsung akhir pekan lalu itu, Top Gun -julukan Vinales- start dari posisi ketiga. Namun, dia melebar di Tikungan 1 sampai akhirnya bisa kembali lagi ke jalur balap. Ternyata, hal itu terjadi karena motornya mengalami masalah.

Maverick Vinales

“Saya mematikan alat starter dan ingin mengerem, namun motor bergetar sangat keras sehingga saya tidak dapat mempertahankannya di jalur,” jelas rider asal Spanyol itu.

Meski begitu, insiden tersebut tak berarti apa-apa baginya. Vinales mampu bangkit dari lap pertama untuk kembali ke posisi empat dan terus berusaha merebut posisi tiga besar hampir di sepanjang balapan.

Baru di lap-lap terakhir, pembalap berusia 29 tahun itu tak mampu lagi mengejar para pesaingnya. Dia pun kalah dalam pertarungan di dua lap terakhir dengan Fabio Di Giannantonio. Alhasil, dia harus puas finis di tempat kelima dengan selisih empat detik dari sang pemenang, Jorge Martin.

“Masalah terbesar saya adalah kurangnya cengkeraman saat mengerem. Hal ini membuat sulit untuk mengimbangi kecepatan di depan. Apalagi menjelang akhir, ban belakang semakin panas. Pada titik ini motor juga mulai bergetar dan semakin sulit dikendalikan,” ujar mantan pembalap Yamaha itu.

Walaupun demikian, Vinales tetap senang finis kelima dalam balapan utama MotoGP Prancis 2024 setelah sebelumnya naik podium ketiga dalam sprint. Dia pun mengakui membalap dengan sangat hati-hati agar bisa mengamankan poin dari balapan penuh di Le Mans setelah sadar para pesaing di belakangnya tertinggal sangat jauh.

“Saya mengemudi dengan hati-hati, mengetahui bahwa pengejar terdekat berada jauh di belakang dan saya tidak ingin mengambil risiko kesalahan apa pun agar tidak kehilangan poin penting. Saya berhasil, kami memanfaatkan situasi sebaik-baiknya. Saya senang karena kami mendapatkan hasil maksimal dari apa yang kami bisa,” pungkas pembalap kelahiran Figueres itu.

Maverick Vinales

Dengan hasil tersebut, Vinales turun ke posisi lima klasemen sementara MotoGP 2024 dengan raihan 81 poin. Dia terpaut delapan poin dari Marc Marquez dan Enea Bastianini yang berada tepat di atasnya serta berjarak 48 poin dari sang pemuncak klasemen, Jorge Martin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *