Scatter Pink

Scatter Hitam

rokokbet

BET4D

scatter hitam

SCATTER PINK

MotoGP Spanyol 2024 Diramaikan 3 Pembalap Wildcard Sekaligus, Siapa Saja?

MotoGP Spanyol 2024 Diramaikan 3 Pembalap Wildcard Sekaligus, Siapa Saja?

MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, pada 26-28 April 2024 nanti tak hanya diramaikan oleh 22 pembalap reguler, melainkan juga 3 test rider dari 3 pabrikan berbeda yang bakal mendapatkan jatah wildcard. Alhasil, akan ada 25 pembalap yang turun lintasan.

Meski lebih dikenal sebagai olahraga individual karena para pembalap berjuang sendirian di trek, MotoGP sejatinya adalah olahraga tim. Banyak sosok yang terlibat, di antaranya insinyur, teknisi, mekanik, dan yang tak kalah penting: test rider.

Test rider bukan peran baru di MotoGP. Namun, jabatan ini makin populer pada 2013 akibat jadwal balapan yang makin padat, sehingga pembalap reguler tak punya banyak waktu untuk menjajal dan mengevaluasi perangkat baru. Alhasil, para pabrikan mencari rider yang mau melakukan tes secara khusus.

Test rider tak cuma bertugas mengevaluasi perangkat baru atau konfigurasi motor, melainkan juga harus bersedia menjalani tes tertutup bejibun, serta menjalani ratusan lap. Ada kalanya mereka juga diminta jadi pembalap cadangan dan wildcard untuk mengumpulkan data bagi pengembangan motor.

Nah, siapa saja test rider MotoGP yang bakal berlaga di Jerez akhir pekan nanti? Ini daftarnya.

KTM: Dani Pedrosa

Dani Pedrosa yang telah menjadi test rider KTM sejak 2019, dan MotoGP Spanyol 2024 akan jadi wildcard keempatnya. Ia menjalani wildcard pertamanya di MotoGP Austria 2021, di mana ia finis ke-10. Pada 2023, ia kembali menjalani balapan di MotoGP Spanyol dan San Marino, dan mengacak-acak persaingan papan atas.

KTM sendiri masuk Kategori C dalam aturan konsesi terbaru, di mana mesin mereka tak menjadi subyek pembekuan spek dan mendapatkan jatah enam wildcard per musim. Maksimal tiga bisa dipakai sebelum larangan tes musim panas, sementara tiga lainnya bisa dipakai usai larangan tes musim panas.

Aprilia: Lorenzo Savadori

Lorenzo Savadori telah menjadi pembalap Aprilia sejak belia. Ia selalu membela pabrikan tersebut di WorldSBK maupun CIV Superbike. Pada 2019, ia diangkat sebagai test rider Aprilia di MotoGP. Namun, sejak 2020, ia menjadi test rider utama dan kerap menjalani wildcard di MotoGP.

Sama seperti KTM, Aprilia masuk Kategori C dalam aturan konsesi terbaru. Salah satu jatah wildcard mereka pun diserahkan kepada Savadori, yang terakhir kali menjalani balapan dalam MotoGP Valencia 2023.

Honda: Stefan Bradl

Stefan Bradl digaet oleh Honda sebagai test rider mereka pada akhir 2017, setelah ia gagal tampil kompetitif bersama pabrikan Sayap Tunggal di WorldSBK. Sejak itu, juara dunia Moto2 2011 ini pun sangat terlibat dalam pengembangan RC213V.

Musim ini, Bradl sudah menjalani bejibun program tes di berbagai sirkuit. Pasalnya, Honda masuk Kategori D dalam aturan konsesi terbaru, di mana mereka mereka mendapatkan izin tes tak terbatas dan spek mesinnya tak dibekukan. Mereka juga mendapatkan jatah enam wildcard per musim yang bisa dipakai kapan saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *